Selain Buruk untuk Tubuh, Fast Food Bikin Orang Tidak Sabaran

  • Whatsapp
selain-buruk-untuk-tubuh,-fast-food-bikin-orang-tidak-sabaran

Suara.com – Mengonsumsi fast food atau makanan cepat mungkin sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Terlihat berbagai gerai fast food selalu terlihat padat oleh pembeli.

Karena sifatnya yang cepat, lezat dan mudah ditemukan, adanya makanan cepat saji memang mengubah secara dramatis kebiasaan makan orang. Namun seperti yang diketahui, makanan cepat saji bisa berdampak buruk pada tubuh jika dikonsumsi terlalu sering.

Namun ada fakta buruk lain soal makanan cepat saji, yakni menjadikan orang lebih tidak sabaran.

Dilansir dari Science Daily, para peneliti di Rotman School of Management, telah menemukan bahwa paparan belaka terhadap makanan cepat saji dan simbol-simbol terkait dapat membuat orang tidak sabar.

Selain itu juga meningkatkan preferensi untuk menghemat waktu produk, dan mengurangi kemauan untuk menabung. Saat terpapar dengan makanan cepat saji, perasaan ingin menghemat waktu akan muncul, terlepas dari konteks waktu dan jam.

Baca Juga: Berat Badan Wanita ini Turun 15 Kg Meski Makan Junk Food, ini Rahasianya!

Burger merupakan salah satu contoh makanan cepat saji yang digemari banyak orang. (sumber: Visualphotos)
Burger merupakan salah satu contoh makanan cepat saji yang digemari banyak orang. (sumber: Visualphotos)

Contohya berjalan lebih cepat adalah efisiensi waktu ketika seseorang mencoba membuat pertemuan, tetapi itu adalah pertanda ketidaksabaran ketika seseorang berjalan-jalan di taman.

Di sini peneliti menemukan bahwa paparan makanan cepat saji hanya meningkatkan rasa terburu-buru dan ketidaksabaran secara umum.

“Makanan cepat saji adalah salah satu dari banyak teknologi yang memungkinkan kita menghemat waktu,” kata Sanford DeVoe, selaku penulis makalah yang dipublikasikan dalam terbitan Psychological Science.

Baca Juga: Sering Makan Junk Food, Bocah Berusia 2 Tahun Menderita Gejala Kanker

Namun ironisnya, makanan cepat saji terus mengingatkan orang pada efisiensi waktu, sehingga teknologi ini dapat membuat kita merasa lebih tidak sabar.

Sanford menjelaskan budaya makanan cepat saji ini tak hanya membuat perubahan dalam cara menyantap makanan, tapi juga dapat secara mendasar keinginan selalu menghemat waktu.

Selain Buruk untuk Tubuh, Fast Food Bikin Orang Tidak Sabaran - 2

“Misalnya, kegiatan santai yang seharusnya santai bisa dialami melalui kacamata warna ketidaksabaran,” tambahnya.

Namun para peneliti menunjukkan bahwa tidak mungkin untuk mengetahui apakah makanan cepat saji merupakan penyebab munculnya dorongan menghemat waktu atau malah sebagai konsekuensi dari keinginan menghemat waktu.

Tetapi yang jelas, temuan ini menunjukkan bahwa paparan makanan cepat saji menekankan pada rasa tidak sabaran dan kepuasan instan.

Leave your vote

1000 points
Upvote Downvote

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *